Thursday, November 21st, 2019

KPU Diminta Buat Aturan Money Politic Dalam Pilkada

Published on February 28, 2015 by   ·   No Comments

KPU-Diminta-Buat-Aturan-Money-Politic-Dalam-Pilkada-620x330Wakil Ketua Komisi II Lukman Edy mengatakan, dalam UU Pilkada disebutkan bahwa pasangan calon kepala daerah dapat didiskulaifikasi jika terbukti melakukan pilitik uang alias money politic. Termasuk, kata dia, partai politik peserta Pilkada.

“Revisi UU Pilkada, ada perubahan susbtansi yang menyebabkan calon dapat didiskualifikasi kalau kedapatan melakukan money politic,” kata Lukman, di Jakarta, Jumat (27/2).

Sebenarnya, lanjut dia, sebelum menjadi UU Pilkada di dalam Perppu juga sudah diatur mengenai politik uang ini. Namun, tidak dijelaskan secara rinci mengenai hal tersebut.

Karena itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) diimbau agar membuat aturan lebih tegas mengenai politik uang ini. Bisa saja, kepala daerah yang sudah dinyatakan menang dan dilantik kemudian ditemukan bukti-bukti baru melakukan money politik akan dicopot dari jabatannya.

“KPU harus membuat Peraturan KPU terkait masalah transaksional ini. Selain itu, Bawaslu juga harus membuat peraturan tentang money politic kan di UU tidak menjelasakan secara detail tentang money poitic ini,” tandas politisi PKB ini.

Views All Time
1
Views Today
1

Readers Comments (0)




JUPE on TV


Selebriti Politik Pekan Ini

ini-gagasan-zulkifli-hasan-jika-terpilih-jadi-ketum-pan

Tokoh Pekan Ini

abah21

Arsip

Kategori