Saturday, January 20th, 2018

Pelajari Pemilu Indonesia, KPU Myanmar Kunjungi KPU RI

Published on April 27, 2015 by   ·   No Comments

DSC_3313

Delegasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Myanmar (Union Election Commission /UEC Myanmar) kunjungi Kantor KPU RI, Jl. Imam Bonjol No. 29 Jakarta untuk berbagi informasi terkait penyelenggaraan pemilihan umum (pemilu) di Indonesia yang telah dilakukan oleh KPU, Senin (27/4).

Selain menjelaskan tugas dan kewajiban serta struktur organisasi jajaran di daerah, Komisioner KPU RI, Hadar Nafis Gumay menjelaskan bahwa KPU mengedepankan sistem yang transparan dalam menggelar pemilu, sehingga prosesnya dapat diketahui secara luas.

“Untuk pertama kalinya pada tahun 2014, kami (KPU) membuat sistem informasi (Sidalih) yang terpusat dan terbuka tentang data pemilih. Sistem ini dapat diakses oleh siapapun, sehingga masyarakat bisa melihat apakah mereka terdaftar atau tidak,” kata Hadar.

Meskipun sistem tersebut masih butuh pengembangan, Hadar mengungkapkan bahwa Sidalih telah membantu KPU untuk memperbaiki kualitas data pemilih.

“Ini merupakan pengembangan yang substansial, walaupun perlu penyempurnaan, tetapi sistem ini telah membuat data pemilih menjadi lebih akurat dan lebih baik dibanding pemilu sebelumnya,” ungkap dia.

Transparansi merupakan upaya KPU untuk memberi ruang partisipasi kepada masyarakat, karena Ia meyakini bahwa pemilu demokratis adalah pemilu yang partisipatif.

“Dalam penyelenggaraan pemilu kami transparan kepada seluruh stakeholder. Kami di KPU percaya bahwa pemilihan yang demokratis adalah pemilihan yang partisipatif. Kami bagi seluruh data yang kita miliki kepada publik, seperti data pemilih, CV kandidat, hasil pemilihan, dsb,” ujarnya.

Dalam sambutannya, Ketua KPU RI, Husni Kamil Manik berterima kasih kepada Komisioner UEC, Win Kyi, Wakil Direktur Umum UEC, Nay Myo, dan Wakil Direktur UEC Provinsi, Khin Zaw Tun atas kunjungan tersebut, Ia berharap hubungan baik antar kedua negara dapat terus berlanjut.

“Kami senang dengan kunjungan ini, semoga kunjungan ini dapat berbalas. Sebagai negara sahabat tentu kami selalu bersedia bekerjasama dengan Myanmar. Sekali lagi selamat bagi KPU Myanmar yang akan menyelenggarakan pemilu untuk kehidupan yang demokratis” kata Husni.

Views All Time
1
Views Today
1

Readers Comments (0)




JUPE on TV


Selebriti Politik Pekan Ini

ini-gagasan-zulkifli-hasan-jika-terpilih-jadi-ketum-pan

Tokoh Pekan Ini

WhatsApp Image 2017-10-08 at 16.56.02

Arsip

Kategori